New Mitsubishi Mirage, The true city car

New Mitsubishi Mirage, The true city car

Saturday 7 May 2016

New Mitsubishi Mirage, The true city car
Mitsubishi Mirage
Transmisi CVT, mesin tiga silinder, hingga bobotnya yang ringan bersatu menjadikan Mirage mobil yang efisien, ringkas, dan praktis, sesuai dengan kodratnya sebagai mobil perkotaan. Kini, hanya tinggal menunggu waktu kapan mobil ini mengalami perubahan.


Di Thailand dan Filipina, Mirage terbaru sudah lebih dulu mengaspal. Sementara di Indonesia, diperkirakan akan meluncur di kuartal keempat 2016 ini. Perubahan desainnya terbilang minimalis namun tepat sasaran. Bentuk Mirage, terutama di bagian muka, terlihat lebih tegas dengan guratan-guratan body-nya. Bagian belakang juga terlihat berbeda dengan imbuhan lampu dan bumper baru. Secara singkat, bisa dikatakan Mirage terlihat lebih dewasa.

Mirage adalah salah satu hasil dari trend downsizing yang melanda pabrikan otomotif di dunia. Downsiziing sendiri adalaha bagaimana menghasilkan mobil dengan mesin yang irit dan berperforma, tanpa mengorbankan kepraktisan dan kedinamiasan. Terkadang malah mobilnya besar, namun memiliki mesin yang kecil.


Mirage terbaru sendiri, masih tetap memiliki mesin tiga silinder berkapasitas 1,2 liter, yang sama seperti generasi sebelumnya. Angka itu sudah menjanjikan sebuah keiritan bahan bakar.

Lantas bagaimana dengan performanya? Untuk menjaga hal tersebut, Mitsubishi memasangkan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System), sebuah teknologi pengaturan waktu (timing) pengapian dan pembakaran agar tetap presisi sesuai dengan kebutuhannya. Walhasil, jika tidak ada perubahan, Mirage mampu menghasilkan tenaga hingga 77 PS pada 6.000 rpm.


Itulah kenapa, mobil ini terasa responsif dan cenderung agresif saat pedal gas dihentak. Pengendaliannya yang ringan akan sangat membantu untuk berkelit di kepadatan kota. Kami belum pernah mencoba Mirage yang telah mengalami peningkatan, namun berdasarkan pengalaman, fitur hiburannya cukup mumpuni. Selain itu, pengaturan AC secara digital sangat memudahkan untuk mendapatkan kenyamanan di kabin.

Untuk Mitsubishi Mirage terbaru, menilik dari beberapa situs perusahaan di negara yang sudah meluncurkannya, sepertinya akan dibekali dengan layar sentuh multimedia, yang akan menggantikan head unit konvensional seperti yang ada pada Mirage saat ini. AC digital tidak akan berubah dan tetap akan menjadi salah satu fitur andalan Mitsubishi Mirage. Mari berharap mobil lincah ini segera hadir di Indonesia.


KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon