Mudik Lebaran, ruas tol Bawen-Salatiga dipastikan bisa difungsikan

Mudik Lebaran, ruas tol Bawen-Salatiga dipastikan bisa difungsikan

Saturday 28 May 2016

Mudik Lebaran, ruas tol Bawen-Salatiga dipastikan bisa difungsikan
Ilustrasi proyek tol. ©2016 Lintastoday
Pemerintah memastikan Tol Semarang-Solo Seksi III, ruas Bawen-Salatiga, siap digunakan sebagai jalur mudik alternatif pada tujuh hari sebelum (H-7) Lebaran Idul Fitri. Saat ini, progres pengerjaan ruas sepanjang 17 kilometer itu sudah mencapai 35 persen.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan ruas Tol Bawen-Salatiga, kemarin.

Berdasarkan keterangan pers Kementerian PUPR, Sabtu (28/5), Menteri Basuki mengecek sejumlah pekerjaan. Diantaranya, pengerukan tanah di sejumlah ruas dan pembangunan dua jembatan utama. Yaitu, Jembatan Tuntang sepanjang 370 meter dengan tinggi 56 meter dan Senjoyo sepanjang 160 meter tinggi 30 meter.

Pengerjaan kedua jembatan tersebut akan terus dikebut agar bisa dilalui pemudik Lebaran 2016.

Jalur alternatif tersebut akan disambungkan dengan jalan nasional Semarang-Solo. Dengan begitu, jalan tol yang masih dalam proses pengerjaan bisa dipergunakan sampai ke Salatiga.

"Sekarang dari Salatiga-Solo pembebasan lahannya mencapai 63 persen. Mudah- mudahan 2018 nyambung, nanti Solo-Kertosono juga 2018," kata Basuki.

Kementerian PUPR juga menyiapkan opsi alternatif lain. Yakni, membuat jalur masuk baru tidak melewati Jembatan Tuntang.

"Kalau tak lewati jembatan itu, maka bisa lewat jalur baru yang diperlebar. Pengerjaan jalan itu melewati tanah PTPN IX dan saya sudah telepon Ibu Menteri BUMN minta izin penggunaan tanah PTPN IX, sudah diizinkan," kata Basuki.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon