Ini cara buat resolusi tahun barumu dapat dilakukan di tahun depan

Ini cara buat resolusi tahun barumu dapat dilakukan di tahun depan

Thursday 31 December 2015

Ini cara buat resolusi tahun barumu dapat dilakukan di tahun depan
Ilustrasi resolusi tahun baru. ©muscleandfitness.com
Setiap tahun baru menjelang, maka seseorang akan bersiap untuk membuat resolusi yang akan dilakukannya pada tahun yang akan datang tersebut. Tetapi seringnya resolusi ini hanya akan jadi sebuah hal yang basi semata karena tidak mampu dijalankan. Tetapi sebuah penelitian mengungkapkan bagaimana caranya agar resolusi yang kamu buat agar dapat terlaksana.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari lima universitas di Amerika Seikat telah menemukan metode yang efektif agar dapat dilakukan di tahun yang baru. Cara yang dianggap efektif itu adalah dengan menanyai pada diri sendiri apakah resolusi tersebut akan dijalankan di tahun depan.

Selama ini ketika membuat sebuah resolusi, seseorang kerap kali membuat sebuah kalimat yang meyakinkan dirinya agar melakukan sebuah hal, tetapi hal tersebut rupanya sering tidak berjalan sesuai rencana dan resolusi tersebut menjadi basi. Cara yang dianggap paling efektif adalah menanyai diri sendiri apakah sebuah hal yang merupakan resolusi tersebut benar-benar dibutuhkan dan akan dilakukan pada tahun depan.

Hasil penelitian ini dilakukan oleh tim yang berasal dari University of California, the University at Albany, State University of New York, the University of Idaho, dan Washington State University. Penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisis lebih dari 100 penelitian yang telah dilakukan selama 40 tahun. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa efek yang muncul dari sebuah pertanyaan dapat bertahan hingga enam bulan sejak dimulai.

Membuat pertanyaan pada diri sendiri disebut memiliki sebuah efek yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. David Sprott sebagai salah satu peneliti mengatakan bahwa menanyai diri sendiri atau orang lain tentang perilaku yang akan mereka lakukan dapat membuat sebuah perilaku akan mengalami perubahan. Dengan cara ini maka akan muncul perasaan bersalah jika seseorang melakukan hal yang tidak sesuai dengan yang telah mereka jawab.

Jadi jika Anda ingin resolusi Anda untuk tahun ini dapat terlaksana maka buat pertanyaan bagi diri Anda apakah akan melakukan hal tersebut. Cara lain adalah dengan meminta orang lain menanyai Anda mengenai resolusi tahun baru. Dengan cara ini maka hal tersebut memiliki kemungkinan lebih besar untuk dapat terlaksana.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon